Tips Membuat Roti Manis Enak bag. 2

Okey,,,pembahasan tips membuat roti manis yang enak akan saya lanjutkan lagi,,,kemarin sudah saya jelaskan di bag. 1 mengenai pemilihan bahan dasar, utk saat ini akan saya lanjutkan utk topik selanjutnya ya…..

A. Pemilihan bahan dasar

B. Proses  Fermentasi

Fermentasi pad pembuatan roti dilakjkan ketika adonan sudah elastis. Adonan harua berada dalam kondisi tertutup di suhu ruang agar mengembang dengan sempurna. Proses pengembangan roti tidak bisa dipatok oleh waktu, maka dari otu harus benar-benar diperhatikan. Cara utk mengetahui roti sudah mengembabg atau belum adalah dengan menemukan serat pada adonan roti. Jika sudah ada serat dipermukaan roti maka roti sudah cukup melalui proses fermentasi. Berikut hal-hal yang bisa menghambat proses proses fermentasi, yaitu:

1. Kualutas ragi tidak bagus

2. Adonan tidak menggunakan gula

3. Saat proses fermentasi, udara tidak cukup hangat untuk membuat ragi mengembang.

C. Pengisian roti

Satu hal yang paling penting dalam pengisian roti adalah roti tidak boleh dalam kondisi berair atau berminyak. Isian roti juga tidak disarankan terlalu kering atau keras. Serelah diisi, roti akan kembalu difermentasi agar mengembang kembali.

D. Pengovenan

Pengovenan merupakan salah satu tahap yang penting dalam pembuagan roti. Roti yang terlalu lama dioven akan menjadi kering dan keras. Lamanya pengovenan tentu sangat berhubungan dengan besarnya roti. Semakin besar ukuran roti maka semakin lama pengovenannya. Untuk ukuran rori sekali makan rata-rata membutuhkan waktu 8-15 menit.

E. Setelah dioven

Roti segera disusun dalam rak kawat untuk proses pendinginan, uap panas akan keluar dari roti. Setelah suhu roti dinhin, rotj harus segera ditempagkan dalam wadah kedap udara agar roti tisak kering dan tetap lembut. Dengan penyimpanan yang tepat, roti bisa bertahan 2 hari di dalam suBh ruang. Jika dkmasukkan freezer dengan suhu yg tepat, roti biaa bertahan selama 1 bulan.

Baca Juga:  WAKTUNYA REHAT DULU YUK...

Itjlah beberapa tips dalam pembuatan rpti manis,,,,semoga bermanfaat…terimakasih.

Tinggalkan Balasan