Tips Membuat Roti Manis Enak Bag. 1


Roti merupakan makanan yang memiliki sejarah panjang. Awalnya, roti dibuag dengan gandum yang ditumbuk dan diolah dengan air hingga berbentuk adonan. Adonan tersebut dibakar dalam tungku dan hasilnya menjadi roti yang keras dan tahan lama. Seiring berjalannya waktu, roti sudah mengalami banyak evolusi, jenisnya pun sudah mengalami perkembangan. Untuk masyarakat Indonesia suka dengan tekstur yang manis dan lembut, sedangkan untuk negara-negaa di Eropa suka dengan tekstur yang keras.

Berikut kami berikan beberapa tips dalam membuat roti manis:

A. Pemilihan bahan dasar

1. Tepung terigu

Pilihlah tepung terigu yang berprotein tinggi karena mengandung gluten yg banyak dan teksturnya pun bagus. Atau bisa juga dengan dicampur dengan terigu protein sedang, akan tetapj dalam pemakaiannya harus lebih banyak yang protein tinggi.

2. Ragi

Gunakan ragi yang memiliki kualitas yang bagus, biasanya ragi instan yang sering dipakai karena lebih praktis dan kualitasnya terjamin.

3. Gula

Selain memberikan rasa manis, gula juga berfungsi mengembangkan volume roti karena dapat membantu kerja ragi lebih cepat serta dapat memberikan warna pada tekstur roti menjadi coklat keemasan.

4. Telur

Telur membuat roti menjadi lembut. Jika ingin roti tekstur kenyal maka gunakan putih telurnya. Tetapi jika ingin teksturnya empuk gunakan lebih banyak kuning telurnya.

5. Lemak

Lemak disini yang dimaksud adalah margarin. Gunakan margarkn yang berkualitas. Karna jika roti tanpa margarin teksturnya tidak akan lembut.

6. Pelembut dan pengembang

Bahan ini digunakan untuk roti yang dijual agar lebih mengembang dan teksturnya tahan lama.

By labifood

Utk tips selanjutnya akan kita sambung lagi besokā€¦..terimakasih.

Baca Juga:  Snack Cumi-Cumi

Tinggalkan Balasan