SODA KUE

SODA KUE

Senyawa ini disebut juga baking soda (soda kue), Sodium bikarbonat, natrium hidrogen karbonat, dan lain-lain. Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air. Senyawa ini digunakan dalam roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbondioksida, yang menyebabkan roti "mengembang".
Soda kue ini biasanya digunakan untuk membuat kue kering agar dapat menghasilkan tekstur kue yang garing dan renyah. Selain itu baking soda juga kadang digunakan untuk bahan tambahan dalam pembuatan gorengan atau kulit tepung untuk ayam goreng.

Baking soda terdiri dari bahan kimia natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Bentuknya serbuk berwarna putih halus. Baking soda ini juga punya fungsi sebagai pengembang. Untuk tahu lebih jauh soal baking soda, yuk simak infonya berikut ini.

Fungsi Baking Soda sebagai Bahan Pengembang

Baking soda bisa membentuk gelembung-gelembung gas karbondioksida ketika bereaksi dengan bahan-bahan kue lainnya, sehingga kue atau roti yang dibuat bisa mengembang. Baking soda bisa bekerja dengan baik bila dikombinasikan dengan bahan asam lainnya, seperti sour cream, air perasan jeruk, hingga madu. Hasil kue atau roti yang dibuat pun bisa tampak lebih indah dan bertekstur cantik.

Dalam pembuatan cake, baking soda biasanya digunakan bersamaan dengan baking powder. Meski pada sejumlah resep, tidak perlu menggunakan baking soda untuk membuat cake. Ketika akan membuat cake yang dipanggang atau dikukus, setelah baking soda dicampurkan pada semua bahan sebaiknya segera dipanggang atau dikukus agar teksturnya terjaga.

Tips Penting Menggunakan Baking Soda dalam Pembuatan Kue

Baking soda perlu dicampur dulu dengan bahan-bahan kering seperti tepung sebelum dicampur dengan bahan basah lainnya. Setelah adonan selesai dibuat, perlu segera dipanggang atau dikukus agar baking soda bisa langsung bekerja optimal.

Baca Juga:  Testimoni Pemesanan Produk Labifood

SODA KUE/BAKING SODA dapat dipesan di toko kami "TOKO LABIFOOD" merupakan toko bahan makanan yang terbaik di Sukoharjo.

Silahkan kontak kami untuk free ongkir, bisa via chat wa di 085100070167 dengan mb Iis atau di 087736232762 dengan mb Tina.

Tinggalkan Balasan