Serba-Serbi Gula Halus

Tepung gula, gula tepung, gula halus atau gula icing adalah gula pasir yang telah digiling/diblender/dihaluskan menjadi halus sehingga tebentuk menjadi bubuk gula/tepung. Gula halus terbuat dari tanaman tebu. Umumnya, gula berbentuk kristal, namun gula halus dibuat dalam bentuk kristal yang lebih kecil. Gula halus berwarna putih bersih dan memiliki rasa manis seperti gula biasa. Gula halus dibuat dengan tujuan tertentu supaya gula lebih mudah larut dalam masakan atau adonan. Tepung gula biasanya digunakan untuk taburan pada kue (seperti kue putri salju), roti, donat dan pembuatan kue dan roti. Perlu Anda perhatikan bahwa gula halus lebih mudah basah karena strukturnya yang kecil.i

Fungsi

Gula halus mengandung senyawa sukrosa atau senyawa gula yang mampu memberikan rasa manis pada makanan. Biasanya gula halus digunakan untuk bahan dasar pembuatan kue. Gula halus lebih mudah larut bersama telur dan mentega. Selain itu, gula halus juga seringkali dimanfaatkan untuk taburan pada kue misalnya bolu, donat, panekuk, dan semacamnya. Gula halus juga bisa diseduh dengan minuman untuk menambahkan rasa manis dalam minuman tersebut.
Gula halus juga dapat digunakan untuk kesehatan. Salah satunya adalah penggunaan gula halus untuk masker. Gula halus bisa digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan sel kulit mati terutama di bagian yang sering terpapar sinar matahari seperti kaki, tangan, bahkan wajah. Gula halus juga bisa bermanfaat untuk membantu menambah asupan cairan ketika diare atau dengan kata lain dibuat oralit.

Cara Mengolah

Gula halus hendaknya disimpan dalam toples kedap udara supaya tidak mudah basah dan berjamur. Anda juga dapat membuat sendiri gula halus dengan cara sebagai berikut :

  • Siapkan gula kristal dan blender;
  • Haluskan gula kristal menggunakan blender dalam keadaan kering sampai berbentuk tepungan;
  • Tuangkan dalam ayakan, ayak hingga halus. Bila perlu ulangi ayakan hingga gula benar-benar halus;
  • Simpan di tempat yang kering.
Baca Juga:  BALADO SE YANG MANIS ASIN GURIH DAN PEDASNYA YANG MANTAAPPP

Penggunaan gula halus dalam makanan bisa dikelompokkan menjadi dua macam, dicampurkan atau dijadikan hiasan. Mencampurkan gula halus dalam makanan biasanya dilakukan untuk membuat kue. Sedangkan untuk hiasan, gula halus cukup ditaburkan agar hidangan lebih manis.

Jika anda tidak mau repot silakan saja, beli gula halus labifood, dijamin harganya bersaing termurah di soloraya

TERBUKTI jika anda cari harga gula halus atau icing sugar termurah di solo ya produk Labifood dengan kualitas terbaik dipercaya masyarakat solo raya baik dari kalangan industri besar sampai dengan pengecer dan konsumen akhir.

Dapatkan harga termurah untuk gula halus dan semua bahan roti kue yang anda butuhkan.
Tanpa minimum order. Banyak diskon. Toko roti dan UKM telah banyak menikmati.
Kini giliran anda untuk Mendapatkan Keuntungan.

BY LABIFOOD

 

Tinggalkan Balasan