Resep Praktis Keripik Singkong

resep_keripik_pedas

Keripik singkong merupakan salah satu dari aneka camilan enak yang sangat digemari oleh semua orang. Namun, untuk membuat keripik singkong ini harus tahu resep dan cara mengolahnya juga lho. Karena, dikhawatirkan jika kamu salah dalam pembuatan keripik ini. Keripik tidak renyah alias melempem.

Nah, di bawah ini resep membuat olahan keripik singkong balado pedas agar rasanya renyah dan gurih. Perhatikan yuk caranya.

1. Persiapkan bahan-bahan adonannya dulu ya

Bahan-bahan adonan keripik singkong:

  1. 1 kg singkong
  2. 3 sdm gula pasir untuk bumbu
  3. 5 sdm garam untuk rendaman
  4. 4 siung bawang putih, haluskan untuk rendaman
  5. 1 sdm kapur sirih
  6. 300 ml air matang
  7. Minyak secukupnya untuk menggoreng
  8. Bahan-bahan bumbu adonan halus:
  9. 8 butir bawang merah
  10. 150 gram cabai merah keriting
  11. Garam dapur secukupnya

2. Langkah pertama kupas dan iris tipis singkong

Ambil singkong dan masukkan ke dalam wadah kupas singkong dari kulitnya, lalu cuci bersih singkong sampai bersih. Diusahakan saat mengambil singkong. Pilih singkong yang masih segar, berukuran besar dan isinya berwarna putih tidak ungu. Iris semua singkong yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik atau bisa juga menggunakan pisau. Tetapi, diusahakan ukuran irisan sama tipis atau tidak tebal sebelah ya.

3. Rendam adonan singkong yang sudah diiris

Masukan singkong yang sudah diiris tipis ke dalam wadah, lalu taburkan air dengan campuran air kapur sirih, masukan bawang putih dan garam yang sudah di haluskan aduk merata. Diamkan rendaman kurang lebih hingga 25 menit. Angkat lalu keringkan singkong yang sudah direndam hingga benar-benar kering dan jangan terkena sinar matahari langsung ya.

4. Menggoreng singkong dalam wadah penggorengan

Baca Juga:  Garlic Powder

Sediakan alat penggorengan panaskan minyak, goreng singkong sampai matang dan kering. Angkat lalu tiriskan keripik singkong sampai dingin dan tidak berminyak.

5. Langkah terakhir nih

Hasil gambar untuk keripik singkong

Jika sudah matang angkat, tiriskan dan diamkan hingga agak dingin ya. Saat masih hangat segera taburkan dengan bumbu tabur labifood. Ciamikkk… Keripik singkong siap disajikan buat camilan saat santai sendiri atau bersama keluarga.

Hasil gambar untuk keripik singkong

Nah, bagaimana mudah kan cara membuat keripik singkon? Yuk buat di rumah, caranya membuatnya juga gampang kok!

Ingat ya guys : “Taburkan rasa balado untuk mendapatkan keripik singkong balado”.

Resep sudah diuji melalui https://www.idntimes.com/

Tinggalkan Balasan