RESEP PANGSIT ENAK DAN GURIH

Pangsit adalah makanan berupa daging cincang yang dibungkus lembaran tepung terigu. Setelah direbus sebentar, pangsit umumnya dihidangkan di dalam sup. Selain direbus, pangsit juga digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga seperti kerupuk. Pangsit (wonton) termasuk salah satu jenis dim sum.

Di Indonesia, isi pangsit terutama dibuat dari udang atau campuran daging ayam dan udang dengan tambahan jahe, bawang bombay, atau bawang putih yang dicincang. Bumbu untuk isi pangsit bisa berupa kecap asin, saus tiram, dan minyak wijen.

Kulit pangsit dibuat dari adonan tepung terigu, air, dan garam dapur. Adonan ditipiskan dan dipotong-potong berukuran persegi. Selain bisa dibuat sendiri, kulit pangsit bisa dibeli dalam kemasan berisi 10 hingga 20 lembar. Sewaktu membuat siomay (bukan tahu bakso), kulit pangsit dipakai sebagai pembungkus daging cincang.

Di Indonesia juga dikenal goreng kulit pangsit tanpa isi. Berbagai makanan Indonesia yang memakai pangsit, misalnya: pangsit kuah, pangsit goreng, pangsit goreng kuah, mi pangsit, dan cwie mie. Pada hidangan mi pangsit kuah, pangsit sering dihidangkan terpisah dalam mangkuk kecil. Selain itu, pangsit biasanya juga disajikan bersama semangkuk bakso daging sapi. Kebanyakan bakso Malang menggunakan pangsit sebagai tambahan isi bakso.

Namun seporsi pangsit goreng yang biasanya dibanderol dengan harga cukup mahal membuat kita berpikir ulang untuk membelinya setiap hari. Tak perlu risau, bagi kamu penggemar pangsit goreng ala restoran, kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang dapatkan di pasar atau pusat perbelanjaan.

Selain lebih murah, kebersihan dan kualitas bahan-bahannya pun lebih terjamin, bukan? Yuk langsung intip resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

Kulit pangsit:

·       250 gram tepung terigu

Baca Juga:  Resep membuat bakso daging sapi kenyal

·       1/2 sdt garam

·       1 butir kuning telur

·       50 gram margarin yang telah dilelehkan

·       100 ml air

Isi pangsit:

·       125 gram udang kupas/daging ayam/ daging sapi/daging ikan

·       2 sdm tepung tapioka

·       1/2 sdm minyak wijen

·       Daun bawang secukupnya

·       1 butir telur

·       Garam dan merica secukupnya

Saus:

·       100 ml kaldu ayam/ kaldu sapi

·       2 sdt gula pasir

·       20 ml cuka

·       1/2 sdt saus sambal

·       1 sdt saus tomat

·       1/4 sdt tepung maizena yang telah dicairkan

Cara membuat:

1. Campur semua bahan kulit pangsit lalu uleni hingga kalis dan teksturnya tidak lengket di tangan. Lalu, diamkan adonan hingga sedikit mengembang.

2. Giling semua bahan isian menggunakan food processor. Untuk hasil yang lebih enak, sebaiknya jangan giling bahan isian terlalu lama agar tekstur dagingnya lebih terasa.

3. Setelah adonan kulit agak mengembang, giling hingga tipis lalu, potong kotak-kotak seukuran 5 cm.

4. Bubuhkan dengan isian pangsit pada salah satu ujung kulit pangsit lalu lipat sesuai selera. Jangan lupa rekatkan kulit dengan kuning telur agar tidak hancur saat digoreng.

5. Goreng pangsit menggunakan minyak panas hingga mekar dan warnanya berubah kecokelatan, tiriskan.

6. Untuk saus asam-manisnya, rebus semua bahan termasuk larutan maizena. Masak menggunakan api kecil hingga teksturnya mengental.

7. Sajikan hangat sebagai camilan bersama sausnya atau dijadikan lauk pelengkap.

Selamat mencoba!

BY LABIFOOD

Tinggalkan Balasan