Resep Cilok

Orang Indonesia sangat suka ngemil, apalagi ngemil gorengan atau makanan tidak sehat lainnya. Salah satu jenis cemilan yang banyak dicari orang adalah cilok.

Cilok sendiri sama seperti jajanan pinggir jalan lainnya, tidak jelas asal muasalnya. Tapi banyak yang bilang kalau cilok berasal dari Bandung. Penamaan cilok, dilansir dari Wikipedia, berasal dari kata aci dan dicolok. Dikatakan aci karena bahan utama adalah tepung tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci dan dihidangkan dengan cara dicolok.

Cilok adalah jajan yang berbentuk bulat dengan tekstur kenyal. Hampir sama dengan bakso, namun bahan dasarnya beda. Jika bakso komposisi dagingnya banyak dengan sedikit tepung, maka cilok sebaliknya. Banyak tepung sedikit daging, bahkan ada yang sama sekali tidak ada daging. Oleh karena itu tekstur cilok jauh lebih kenyal daripada bakso.

Cara penyajiannya biasanya dengan menggunakan bumbu kacang. Ada pula variasi lainnya, ada cilok bakar, cilok goreng, atau cilok yang berisi telur, atau masih banyak lagi.

Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak jauh beda dari cara membuat cilok kuah hingga cara membuat cilok isi yang enak. Di artikel kali ini, mari kita cara membuat cilok yang biasanya dijual oleh pedagang keliling atau bisa saja dipanggil dengan cilok Bandung. Daripada berlama-lama lagi, simak berikut ini cara membuat cilok Bandung dengan 3 langkah mudah seperti yang dirangkum Liputan6.com (23/5).

2 of 5
1. Cara membuat cilok Bandung
Cilok
Cilok Bandung
Bahan:
Tepung terigu 100 g
Tepung tapioka 100 g
Bawang putih 1 siung (haluskan)
Daun bawang 1 batang (iris halus)
Merica bubuk 1 sdt
Gula pasir 1 sdt
Penyedap rasa sapi 1 sdt
Garam 1 sdt
Air panas 200 ml
Cara membuat:
Campur tepung terigu dengan bawang putih, daun bawang, merica bubuk, gula pasir, penyedap rasa, dan garam.
Kemudian tuang air panas secara perlahan sampai dirasa adonan cukup basah dan mengental.
Lalu masukkan tepung tapioka.
Uleni dengan tangan perlahan-lahan hingga rata.
Kemudian bentuk bulat-bulat kecil.
Didihkan air. Lalu masukkan cilok yang telah dibentuk ke dalam air.
Jika cilok sudah mengapung maka tandanya sudah matang.
Tidak hanya cara membuat cilok saja, kita akan juga bersama-sama membuat bumbu kacang sebagai penyempurna penyajian cilok.

  1. Cara membuat bumbu kacang cilok
    Bahan:
    Kacang tanah 100 g, goreng
    Cabe rawit merah 7 buah
    Gula merah 4 sdm
    Bawang putih 2 siung
    Air asam jawa 1 sdm
    Garam 1 sdt
    Minyak secukupnya
    Air 200 ml
    Cara membuat:
    Tumbuk kacang hingga halus lalu tambahkan cabe, gula merah, bawang putih, air asam jawa, dan garam.
    Setelah itu kemudian tumis dengan minyak goreng sedikit saja. Tumis hingga baunya harum.
    Tidak hanya cara membuat cilok Bandung saja, macam variasi lainnya dari cilok adalah cilok goang. Apa sih cilok goang itu? Cilok goang merupakan cilok yang disajikan dengan menggunakan kuah yang diberi sambal goang.
Baca Juga:  Sumpia Mini Isi Ebi

Cara membuatnya pun sama dengan cara membuat cilok Bandung. Karena itu Anda tinggal belajar cara membuat sambal goang sebagai pelengkap cilok goang.

Tinggalkan Balasan