GARAM Labifood

Garam dapur adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin. Biasanya garam dapur yang tersedia secara umum adalah Natrium klorida (NaCl) yang dihasilkan oleh air laut. Garam dalam bentuk alaminya adalah mineral kristal yang dikenal sebagai batu garam atau halite.

Garam sangat diperlukan tubuh, namun bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu garam juga digunakan untuk mengawetkan makanan dan sebagai bumbu. Untuk mencegah penyakit gondok, garam dapur juga sering ditambahi yodium.

Manfaat lain dari garam antara lain:

  1. Garam bisa mencegah penyebaran semut. Jika ingin mengusir semut dari jendela, pintu, atau lemari penyimpanan, taburkan sedikit garam di sekitar tempat yang dihinggapi semut.
  1. Garam bisa digunakan sebagai pembersih alami tembaga, perak, dan kuningan. Benda semacam ini memiliki kemampuan untuk kehilangan warna mereka jika dibiarkan dalam waktu lama. Cukup buat campuran garam dan cuka apel, gosok pada permukaan benda-benda logam sampai menjadi mengkilap.
  1. Garam sebagai pembersih alami untuk jendela rumah dan mobil. Cukup campurkan satu galon air hangat dengan 2 sendok makan garam. Gunakan campuran itu untuk membersihkan jendela dan noda yang membandel.
  1. Garam dapat membuat kulit lebih muda. Campurkan garam dengan minyak esensial lavender atau minyak zaitun. Gunakan campuran ini pada tubuh dalam beberapa menit cuci dengan air hangat. Sel kulit mati akan mengelupas secara cepat dan efektif karena garam.
  1. Garam bisa digunakan sebagai pengobatan sakit gigi. Jika sedang sakit gigi, gunakan garam sebagai pengobatan yang efektif. Yang perlu dilakukan adalah mencampurkan garam dan air hangat sampai larut dan berkumur dengan larutan itu sampai ada hasilnya.
  1. Pemutihan gigi dan perawatan kesehatan mulut Campurkan baking soda dan garam untuk memutihkan gigi.
  2. Mencegah baju menyusut. Untuk membuat pakaian tidak menyusut saat dicuci, kita bisa menambahkan garam ke mesin cuci saat mencucui.
  1. Kembalikan warna tirai dan karpet. Gunakan larutan garam untuk mengembalikan warna tirai dan karpet seperti semula. Masukkan tirai dan karpet dalam air garam dan cuci.
  1. Menguji kesegaran telur
    Salah satu cara mudah untuk menentukan kesegaran telur adalah dengan merendamnya dalam air garam. Saat direndam dalam air garam, telur segar agar tenggelam ke dasar wadah. Sedangkan telur yang tak segar atau busuk akan mengapung dalam larutan air garam.
  2. Mencegah buah potong berubah warna
    Beberapa irisan buah bisa berubah warna menjadi kecokelatan. Biasanya perasan jeruk nipis akan membantu mencegah irisan buah berubah warna. Jika tak punya perasan jeruk, air garam bisa dimanfaatkan untuk mencegahnya kecokelatan.
  3. Membersihkan kompor kotor
    Terkadang pintu kompor seringkali kotor karena kuah masakan yang tumpah. Agar tumpahan kuah ini tak mengeras dan meninggalkan noda, lapisi pintu kompor dengan garam. Lapisan garam ini akan membantu lapisan Anda untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di kompor.
  4. Membersihkan wajan besi
    Seringkali sisa masakan menempel di permukaan wajan. Sisa makanan yang menempel ini akan sangat sulit dibersihkan. Garam adalah salah satu senjata ampuh untuk membersihkan kerak. Caranya adalah dengan menaburkan garam di atas wajan, tambahkan sedikit air, dan gosok perlahan.
  5. Pengontrol hama
    Kesal dengan serangga yang mengganggu? Anda bisa manfaatkan garam sebagai tembok pembatas hama. Taburkan garam di area yang diinginkan agar wilayah serangga jadi terbatas.
  6. Menghilangkan noda wine
    Akan sangat menyebalkan jika ada noda wine yang tumpah ke baju. Selain merusak tampilan, noda ini juga sangat sulit hilang. Untuk menghilangkan noda ini, taburkan garam ke atas noda wine. Garam akan menyerap noda wine dan membuatnya jadi mudah untuk dibersihkan.
  7. Mengempukkan daging
    Rendam daging dalam air garam agar daging jadi lebih cepat empuk.
  8. Membersihkan talenan
    Untuk membersihkan talenan, lapisi talenan dengan garam kasar dan tambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk membersihkannya.
  9. Penyelamat telur rebus
    Air garam akan membantu cangkang telur retak saat direbus.
  10. Mengawetkan makanan
    Garam adalah salah satu cara untuk mengawetkan daging dan ikan. Anda hanya perlu menaburkan garam dan ikan sebelum disimpan. Selain untuk daging, garam akan membantu Anda untuk mengawetkan buah lemon agar tak cepat mengering setelah dipakai.
Baca Juga:  Kue Kering Jahe

Itulah beberapa manfaat dari garam…semoga bermanfaat. by labifood

 

kami labifood juga menyediakan garam halus, bagi yang membutuhkan

Bisa datang langsung ke alamat JL MT. HARYONO 16B RT 02 RW 08 KARANGLO, GROGOL SOLOBARU, SUKOHARJO (BARAT SMK SARASWATI) ato bisa hubungi kami di 087736232762 (Tina) ATAU DI 085100070167 (IIS)

TOKO LABI http://goo.gl/maps/DikWxXyZr4t

Tinggalkan Balasan