BAHAN PENGEMBANG

Bahan pengembang seringkali disebut orang dengan nama Baking Powder dan Baking Soda. Malahan ada yang menyebutnya Natrium Bicarbonate, Bicarbonat Natricus, Sodium Bicarbonate. Semua istilah tersebut sebenarnya mengacu pada satu bahan, yaitu bahan pengembang. Contoh bahan pengembang yang umumnya dijual :
– Baking powder
– Baking Alpina
– Baking Hercules
– VX 2%
– Soda Kue
Perbedaan mendasar antara soda kue dengan baking powder adalah, soda kue mengembang secara merata ke samping. Sedangkan baking powder, alpina, dan baking herdules mengembang ke atas.
Bahan pengembang ini tidak mutlak perlu dalam proses pembuatan kue atau roti, sebab fungsi utama bahan ini adalah untuk mengembangkan adonan, hampir sama dengan fungsi telor dan ragi. Penambahan bahan ini hanya membantu adonan mengembang maksimal. Namun jika berlebihan malah membuat tekstur roti menjadi kasar.
CARA PEMAKAIAN untuk semua jenis bahan pengembang ini relatif sama. Dicampur dulu dengan bahan kering lainnya. Dosis penggunaan sebesar 0,2% dari berat tepung.
Semisal tepung terigu yang anda gunakan adalah 1 kg, maka VX 2 % yang harus ditambahkan adalah 2 gram (1000X0,2%).

BAGI yang membutuhkan PENGEMBANG KUE KAMI MENYEDIAKAN BAKING POWDER DAN SODA KUE, Bisa datang langsung ke alamat JL MT. HARYONO RT 02 RW 08 KARANGLO, GROGOL SOLOBARU, SUKOHARJO (BARAT SMK SARASWATI) ato bisa hubungi kami di 087736232762 (Tina)
TOKO LABI http://goo.gl/maps/DikWxXyZr4t

baking soda/soda kue

baking powder

Baca Juga:  KERUPUK

Tinggalkan Balasan