Apa itu STPP/STTP????

 

Salah satu bahan pengenyal yang bisa di makan ialah STTP atau STPP. Tidak seperti borax yang dilarang digunakan untuk makanan, STPP ini memang digunakan untuk makanan. STPP ini merupakan singkatan dari Sodium tripoliposfat, yang memiliki rumus awal Sodium tripospat Na5P3O10 , dan ketika memiliki banyak anion posfat maka akan menjadi Sodium Tripoliposfat.

 

Bahan makanan yang biasa di kenyalkan oleh STTP ini ialah bakso, oleh karena itu jangan selalu berpikiran bahwa baso yang kenyal ialah bakso yang menggunakan Borax. STTP bisa digunakan untuk bahan Makanan. STPP yang kita kenal biasa di gunakan sebagai pengenyal bakso, namun sebenarnya STTP ini di gunakan sebagai pengawet seafood, daging, dan daging hewan lainnya, atau dalam industri makanan memiliki nama lain dan kode E nomor E451. Dalam makanan, STTP digunakan juga sebagai emulsifier.

 

 

Baca juga: Testimoni Menggunakan STPP Pengenyal LABI

 

STPP banyak dipakai dalam berbagai jenis industri makanan diantaranya:
1. Pada industri mie dipakai untuk membantu di dalam tekstur mie supaya lebih kenyal dan kelihatan lebih kilat permukaannya.

2. Pada industri bakso, sosis dan nugget untuk membantu kekenyalan dari bakso dengan cara dicampurkan pada saat daging hendak digiling dengan dosis pemakaian 0,25-0,5%.

3. Pada industri seafood seperti udang (type vannamei maupun blacktiger/ Headless, PTO) dan squid, maupun ikan. Udang, squid maupun ikan yang dicelupkan dalam larutan STPP dosis 0,3-0,5% akan menahan kadar air pada udang sehingga berat dari udang tidak berkurang selama proses perjalanan dari daerah penangkapannya menuju pasar tradisional.

4. Pada industri kerupuk setengah jadi,dicampurkan ke dalam adonan untuk membantu di kerapuhan kerupuk sewaktu digoreng, dan membuat permukaan keripik setengah jadi lebih kilat dan menarik.

Baca Juga:  Maizena

 

Anda bisa mendapatkan STPP dengan menghubungi kami di Toko Labi Sukoharjo.