Apa itu Soda Kue???

Natrium bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Dalam penyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat. Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama.

Senyawa ini disebut juga baking soda (soda kue), Sodium bikarbonat, natrium hidrogen karbonat, dan lain-lain. Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air. Senyawa ini digunakan dalam roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti “mengembang”.

Senyawa ini juga digunakan sebagai obat antasid (penyakit maag atau tukak lambung). Karena bersifat alkaloid (basa), senyawa ini juga digunakan sebagai obat penetral asam bagi penderita asidosis tubulus renalis (ATR) atau rhenal tubular acidosis (RTA). Selain itu, natrium bikarbonat juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat.

NaHCO3 umumnya diproduksi melalui proses Solvay, yang memerlukan reaksi natrium klorida, amonia, dan karbon dioksida dalam air. NaHCO3 diproduksi sebanyak 100 000 ton/tahun (2001).

Soda kue juga diproduksi secara komesial dari soda abu (diperoleh melalui penambangan bijih trona, yang dilarutkan dalam air lalu direaksikan dengan karbon dioksida. Lalu NaHCO3 mengendap sesuai persamaan berikut

Na2CO3 + CO2 + H2O → 2 NaHCO3

Tahukah kamu bahwa soda kue memiliki segudang manfaat?

Ya, soda kue atau baking soda memiliki banyak manfaat termasuk untuk membersihkan barang-barang rumah tangga.

Tak hanya itu, soda kue juga bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel pada pakaian.

Bahkan, soda kue juga dapat digunakan untuk membersihkan mesin cuci.

Meskipun terdengar kurang masuk akal, nyatanya mencampurkan soda kuepada detergen akan membuat pakaian menjadi lebih cerah dan putih.

Tak hanya itu, soda kue merupkan pewangi dan pembersih alami.

Soda kue juga dikenal sebagai natrium bikarbonat yang mirip dengan senyawa soda untuk mencuci yaitu sodium carbonate, sehingga memiliki fungsi yang mirip dalam cucian.

Baca Juga:  RESEP MARTABAK MANIS MINI

Berikut beberapa manfaat dari soda kue:

1. Untuk mencerahkan pakaian warna putih

Untuk mencerahkan pakaian warna putih, kamu bisa mencampurkan 1/2 cangkir soda kue dengan deterjen cair untuk digunakan mencuci seperti biasa.

Cara ini dapat membuat pakaian putih kamu kembali bersih dan cerah.

2. Untuk menetralkan asam

Tingkat keasaman berlebih pada pakaian dapat membuat pakaian menjadi cepat rusak.

Biasanya tingkat keasaman pada pakaian dapat meningkat akibat noda-noda seperti, keringat, muntahan, air seni, dan sebagainya.

Kamu bisa menaburkan soda kue di atas bekas noda yang telah dibilas untuk menetralkan asam pada pakaian, sehingga pakaianmu menjadi tahan lama.

3. Membersihkan noda membandel

Pakaian sering kali terkena noda membandel seperti krayon, tinta, dan sebagainya.

Ternyata, kamu bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkan noda membandel tersebut dengan cara merendam pakaian ke dalam air panas kemudian memasukkan soda kue. Cara ini dilakukan sebelum kamu mencuci baju seperti biasa. 

4. Menghilangkan jamur pada pakaian

Pakaian yang telah lama dipakai atau disimpan tidak jarang memiliki noda bintik-bintik seperti jamur.

Kamu bisa menghilangkan jamur pada pakaian dengan cara menggosokkan pasta yang terbuat dari soda kue dan air, sebelum di cuci.

5. Sebagai penghilang bau pada pakaian

Pakaian kotor yang menumpuk pasti memiliki bau yang tidak sedap. Terlebih jenis pakaian olahraga, handuk, jaket, dan sebagainya.

Untuk menghilangkan bau tidak sedap pada pakaian kamu cukup merendam pakaian kotor dengan air yang dicampur soda kue dalam waktu semalaman.

6. Sebagai pelembut pakaian

Beberapa jenis pakaian memiliki tekstur kain yang kaku dan sulit diseterika.

Untuk melembutkan kain kamu bisa menggunakan soda kue sebagai bilasan setelah mencuci pakaian.

7. Untuk membersihkan mesin cuci

Campuran soda kue dengan air dapat digunakan untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pasta soda kue di atas spons atau kain untuk menggosok bagian dalam dan luar mesin cuci.

Dengan cara tersebut, noda-noda yang menempel pada mesin cuci dapat hilang dan mesin cuci terlihat kembali seperti baru.

Baca Juga:  ANEKA PRODUK LABIFOOD

By Labifood

Tinggalkan Balasan